SILABUS
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : VIII ( DELAPAN )
SEKOLAH : SMPN 1 PINRANG
TAPEL : 2019 / 2020
KOMPETENSI INTI :
- KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI POKOK |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU |
SUMBER BELAJAR |
|
TEHNIK / BENTUK |
CONTOH INSTRUMEN |
||||||
3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
· Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN · Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN · Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN · Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN · Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN · Memahami konsep sumber daya alam · Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar · Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN · Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut · Memahami konsep Sumber Daya Manusia · Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN · Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN · Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan · Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN · Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN; · Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN · Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN · Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN |
· Kondisi geografis Negara-negara ASEAN (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi · Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut) · Sumber Daya Manusia - jumlah, sebaran, dan komposisi; - pertumbuhan; - kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan - keragaman etnik (aspek-aspek budaya · Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN)
· Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk) |
· Mengamati peta kondisi geografi di Negara-negara ASEAN · Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN · Membandingkan data kependudukan (sebaran dan pertumbuhan) berdasarkan tahun · Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie. · Menganalisis dampak positif dan negative interaksi ruang · Mengidentifikasi masalah akibat interaksi antarruang · mencari solusi terhadap dampak interaksi antarruang |
Tertulis : pilihan ganda dan uraian.
Lisan / observasi ;
Diskusi dan Tanya jawab
|
- Tuliskan lima Negara yg memprakarsai berdirinya Negara Asean.
- Kemukakan kelebihan dan kekurangan tehnologi komunika
- Sebutkan jenis sumber daya alam yang ada di Negara-negara Asean
- Bentuk karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negaranegara ASEAN yaitu . . . . a. cara berpakaian b. cara berbicara c. upacara perkawinan d. pola makan.
- Perubahan sebagian seluruh fungsi lahan dri fungsi semula menjadi fungsi yg lain dan mempengaruhi ling kun gan dan potensi lahan itu sendiri disebut . .
a. pergantian lahan b. penggunaan tanah c. konversi lahan d. konversi tanah |
56 Jampel |
Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
Buku refensi yang relevan,
Lingkungan setempat
|
4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara- negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
· Membuat peta negara ASEAN · Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN · Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN · Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN · Membuat karya tulis dengan topik “Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Antar Negara-Negara ASEAN” |
||||||
3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. |
· Memahami interaksi sosial sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kehidupan sosial budaya. · Mengidentifikasi pengaruh mobilitas sosial terhadap budaya · Mengidentifikasi penyebaran mobilitas sosial · Memahami konsep pluralitas · Memaparkan beberapa contoh perbedaan agama, budaya, suku bangsa dan pekerjaan yang dapat bersumber dari media atau kehidupan di sekitar · Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia · Menyebutkan beberapa konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia · Memaparkan faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya konflik · Mengemukakan strategi mengatasi permasalahan konflik sosial · Mengemukakan upaya-upaya mencegah terjadinya konflik social |
· Pengaruh interaksi sosial (mobilitas sosial) terhadap kehidupan sosial budaya. · Pluralitas (agama, budaya, suku bangsa, pekerjaan) masyarakat Indonesia. Konflik dan integrasi. |
· Mengidentifikasikan pengaruh mobilitas sosial terhadap budaya dan memetakan penyebarannya · Mengidentifikasi pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia · Mengemukakan permasalahan konflik sosial dan cara mengatasinya. · Menyajikan data pengaruh interaksi social terhadap kehidupan sosial budaya |
Tes tertulis : pilihan ganda dan uraian
Tes lisan : Observasi, Tanya jawab dan diskusi
|
- Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak mampu untuk melakukan mobilitas sosial adalah . . . . a. status sosial b. keadaan ekonomi c. pendidikan rendah d. situasi politik e. penyebab structural - Jelaskan perbedaan dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun! |
28Jampel |
Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016.
Buku refensi yang relevan,
Lingkungan setempat |
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. |
· Menyajikan karya tulis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya · Menyajikan karya tulis tentang pluralitas kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia · Menyajikan karya tulis terkait permasalahan konflik sosial dan cara mengatasinya |
||||||
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN. |
· Memahami keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi. · Memahami permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi · Menjelaskan pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di indonesia dan asean · Memaparkan contoh kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). · Menjelaskan berbagai upaya pengembangan ekonomi maritim dan agrikultur. · Mendeskripsikan alternatif pendistribusian pendapatan negara untuk kesejahteraan masyarakat. |
· Keunggulan dan keterbatasan dalam permintaan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi. · Permintaan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi · Pengaruh interaksi antaruang terhadap kegiatan ekonomi, social, budaya di Indonesia dan ASEAN · Kegiatan perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). · Upaya mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur. · Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat. |
· Mengidentifikasi keunggulan dan keterbatasan ruang serta pelaku ekonomi · Mengumpukan data perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara serta pengaruh interaksi antarruang di Indonesia dan ASEAN · Mengemukakan upaya mengembangkan ekonomi maritim dan agrikultur. · Mengemukakan cara pendistribusian pendapatan negara. · Menyajikan hasil analisis keunggulan dan kelemahan ruang serta pengaruhnya terhadap interaksi antar daerah, antarpulau, dan antarnegara. |
Tes tertulis : pilihan ganda dan uraian
Tes lisan : Observasi, Tanya jawab dan diskusi
|
- Rumah tangga konsumen yang menyerahkan faktor produksi berupa kompetensi kewirausahaan kepada pihak produsen akan memperoleh imbalan berupa . . . . a. sewa b. bunga c. keuntungan d. gaji
Jelaskan 5 (lima) upaya pemanfaatan laut dalam meningkatkan perekonomian |
40 Jampel |
Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
Buku refensi yang relevan, .
Lingkungan setempat |
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN |
· Menyajikan hasil analisis keunggulan dan kelemahan ruang serta pengaruhnya terhadap interaksi antar daerah, antarpulau, dan antarnegara |
||||||
3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. |
· Mendeskripsikan proses kedatangan bangsa-bangsa eropa dan perlawanan bangsa indonesia. · Mendeskripsikan ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan · Mendeskripsikan bentuk perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat indonesia pada masa penjajahan. · Menjelaskan proses munculnya organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan.
|
· Kedatangan bangsa-bangsa Eropa dan perlawanan bangsa Indonesia. · Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. · Munculnya organisasi pergerakan dantumbuhnya semangat kebangsaan. |
· Menggambarkan proses kedatangan bangsa eropa dan mengidentifikasi perlawanan bangsa Indonesia.
· Mengumpulkan data tentang ciri-ciri masyarakat Indonesia pada masa penjajahan
· Menganalisis hubungan antara organisasi pergerakan dengan tumbuhnya semangat kebangsaan
· Menyajikan hasil analisis kronologi dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan |
Tes tertulis : pilihan ganda dan uraian
Tes lisan : Observasi, Tanya jawab dan diskusi
|
- Tanah adalah milik negara, maka rakyat harus menyewa tanah kepada negara. Hal inilah yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan . . . . a. Daendels b. Raflles c. Janssen d. Lord Minto |
36 Jampel |
Buku IPS Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016
Buku refensi yang relevan,
Lingkungan setempat
|
4.4 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. |
· Menyajikan hasil analisis kronologi dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan |
Pinrang., 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala UPT SMPN 1 PINRANG Guru Mata Pelajaran
Des, MUH. SALEH M. Pd Drs. RUSDY RAHMAN
NIP. 196312311989031154 NIP.196311251989031012