SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Inti :
- KI1:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI2:Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pemebelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama |
· Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama |
· Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait |
· Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji al Qur’an. · Menyimak dan membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal. · Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan qalqalah. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan. · Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan qalqalah. · Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an. · Diskusi menyusun arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 menjadi terjemah secara utuh. · Secara berpasangan menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan qalqalah. · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menanggapi paparan maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyusun kesimpulan makna ayat denganbimbingan guru. |
§ Tugas Mencari dan mengumpulkan gambar /artikel/berita sebagai motivasi mempelajari Al-Qur’an.
Observasi · Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Isi diskusi (kandungan ayat dan hukum Mad) § Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; tentang Optimis, Ikhtiar, Tawakkal, hukum bacaan Qalqalah.
Portofolio · Membuat paparan tentang kandungan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; dan Hadits terkait. · Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159;
Tes · tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda · Tes lisan hafalan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Google Book (Internet)
|
2.1. Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait |
· Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait |
|
||||
3.1. Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imr?n/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait |
· Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal. · Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an. · Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 menjadi terjemah secara utuh. · Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. |
|
||||
4.1.1. Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
4.1.2. Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan lancar
4.1.3. Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 |
· Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. |
|
|
|||
1.2. Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama |
· Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama |
· Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Haditst terkait |
· Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji Al Qur’an. · Menyimak dan membaca Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan. · Menyimak penjelasan tentang tanda waqa. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar tanda waqaf, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual. · Mengajukan pertanyaan mengenai pengaruh tanda waqaf terhadap arti atau makna suatu ayat. · Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an. · Diskusi menyusun arti perkata Q.S. al-Hujur?t/49: 13 menjadi terjemah secara utuh. · Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al-Hujur?t/49: 13 · Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh tanda waqaf. · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Hujurat/49: 13. · Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif Google Book (Internet) |
2.2. Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait |
Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait |
|
|
|||
3.2. Memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait |
· Memahami Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan. · Mengidentifikasi macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an. · Menyusun arti perkata Q.S. al-Hujur?t/49: 13 menjadi terjemah secara utuh. · Menghafalkan Q.S. al-Hujur?t/49: 13 · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujurat/49: 13. · Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujurat/49: 13. |
|
|
|||
4.2.1. Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil
4.2.2. Menunjukkan hafalan q.s. al-hujurat/ 49: 13 serta hadis terkait dengan lancar
4.2.3. Menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan q.s. al-hujurat/ 49: 13 |
· Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. |
|
|
|
||
1.3. Beriman kepada hari akhir |
· Beriman kepada hari akhir |
· Beriman kepada hari akhir. |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada hari akhir. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada hari akhir. · Membaca dalil naqli tentang hari akhir beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang kiamat sugro dan kubro. · Mengajukan pertanyaan mengenai gambaran kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual. · Mencari dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir. · Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku mawas diri manusia yang mencerminkan beriman kepada hari akhir. · Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tidak mawas diri yang mencerminkan tidak beriman kepada hari akhir · Menghubungkan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Merumuskan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhir. · Menyajikan paparan hubungan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Menyajikan paparan diagram alur kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat. · Menyajikan paparan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhirat. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan atau diagram. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtobe Tentang Hari Akhir · Google Book (Internet) |
2.3. Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir |
Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir |
|
|
|||
3.3. Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya |
· Memahami penjelasan mengenai iman kepada hari akhir. · Mengidentifikasi dalil naqli tentang hari akhir beserta artinya. · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku mawas diri manusia yang mencerminkan beriman kepada hari akhir. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tidak mawas diri yang mencerminkan tidak beriman kepada hari akhir · Menghubungkan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Merumuskan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhir. |
|
|
|||
4.3. Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir |
· Menyajikan paparan hubungan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Menyajikan paparan diagram alur kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat. Menyajikan paparan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhirat. |
|
|
|||
1.4. Beriman kepada qadha dan qadar |
· Beriman kepada qadha dan qadar |
· Beriman kepada Qadha dan Qadar
|
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Qadha dan Qadar. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar · Membaca dalil naqli tentang Qadha dan Qadar beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang takdir muallaq dan mubram. · Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada Qadha dan Qadar dalam kehidupan shari-hari. · Mencari dalil naqli yang menjelaskan Qadha dan Qadar. · Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. · Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada. · Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. · Mencari hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Google Book (Internet) |
2.4. Menunjukkan perilaku tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar |
Menunjukkan perilaku tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar |
|
|
|||
3.4. Memahami makna iman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-nya |
· Memahami penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada. · Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. Menghubungkan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. |
|
|
|||
4.4. Menyajikan dalil naqli tentang adanya qadha dan qadar |
· Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. |
|
|
|||
1.5. Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama |
· Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama |
· Perilaku Jujur dan menepati janji |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. · Membaca Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya jujur dan menepati janji, tentang kebenaran pepatah jujur membawa mujur, atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini. · Mendiskusikan manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan. · Menganilisis hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Membuat diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. · Menghubungkan dampak jujur dan menepati janji sebagaimana terdapat dalam Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait · Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji beserta artinya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya · Memaparkan dampak jujur dan menepati janji dengan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait. · Menyusun kesimpulan tentang manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube tentang perilaku Jujur · Google Book (Internet) |
2.5. Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|||
3.5. Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
· Memahami Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari beserta artinya. · Memahami pentingnya jujur dan menepati janji, tentang kebenaran pepatah jujur membawa mujur · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini. · Menjelaskan manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan. · Menganilisis hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Membuat diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. · Menghubungkan dampak jujur dan menepati janji sebagaimana terdapat dalam Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait Menyusun kesimpulan tentang manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan |
|
|
|||
4.5. Menyajikan penerapan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
· Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji beserta artinya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya Memaparkan dampak jujur dan menepati janji dengan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait. |
|
|
|
||
1.6. Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama |
· Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama |
· Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isr?/17: 23 dan Q.S. Luqm?n/ 31: 14 dan Hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki diagram atau laporan. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube Tentang Berbakti kepada Orang tua dan guru · Google Book (Internet) |
2.6. Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|||
3.6. Memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru |
· Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru. · Memahami pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isr?/17: 23 dan Q.S. Luqm?n/ 31: 14 dan Hadits terkait. Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. |
|
|
|||
4.6. Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru |
· Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan. · Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru
|
|
|
|||
1.7. Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama |
· Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama |
· Tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki diagram atau laporan. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube tentang Tata Krama · Google Book (Internet) |
2.7. Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
|
|
|||
3.7. Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal · Memahami pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. |
|
|
|||
4.7. Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu |
· Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan · Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu |
|
|
|
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Alokasi waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Inti :
- KI1:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI2:Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pemebelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama |
· Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama |
· Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 3*9-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait |
· Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji al Qur’an. · Menyimak dan membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal. · Menyimak penjelasan tentang hukum bacaan qalqalah. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar ilmu tajwid, atau pertanyaan lain yang relevan. · Mengajukan pertanyaan mengenai hukum bacaan qalqalah. · Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an. · Diskusi menyusun arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 menjadi terjemah secara utuh. · Secara berpasangan menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan lafal yang mengandung bacaan qalqalah. · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menanggapi paparan maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyusun kesimpulan makna ayat denganbimbingan guru. |
§ Tugas Mencari dan mengumpulkan gambar /artikel/berita sebagai motivasi mempelajari Al-Qur’an.
Observasi · Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Isi diskusi (kandungan ayat dan hukum Mad) § Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap kandungan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; tentang Optimis, Ikhtiar, Tawakkal, hukum bacaan Qalqalah.
Portofolio · Membuat paparan tentang kandungan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; dan Hadits terkait. · Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159;
Tes · tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda · Tes lisan hafalan Q.S. Az-Zumar (39): 53; dan Q.S. An Najm(53) :39-42; Q.S. Ali Imran(3) :159; |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Google Book (Internet)
|
2.1. Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait |
· Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait |
|
||||
3.1. Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imr?n/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait |
· Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal. · Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an. · Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159 menjadi terjemah secara utuh. · Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahanQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. |
|
||||
4.1.1. Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
4.1.2. Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan lancar
4.1.3. Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 |
· Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imr?n/3: 159. |
|
|
|||
1.2. Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama |
· Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama |
· Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Haditst terkait |
· Mengamati gambar atau tayangan yang terkait dengan semangat membaca dan mengkaji Al Qur’an. · Menyimak dan membaca Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan. · Menyimak penjelasan tentang tanda waqa. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar al Qur’an, apa manfaat belajar tanda waqaf, atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual. · Mengajukan pertanyaan mengenai pengaruh tanda waqaf terhadap arti atau makna suatu ayat. · Secara berkelompok mencari dan mengumpulkan macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an. · Diskusi menyusun arti perkata Q.S. al-Hujur?t/49: 13 menjadi terjemah secara utuh. · Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al-Hujur?t/49: 13 · Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pengumpulan contoh-contoh tanda waqaf. · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Hujurat/49: 13. · Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyusun kesimpulan makna ayat dengan bimbingan guru. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif Google Book (Internet) |
2.2. Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait |
Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait |
|
|
|||
3.2. Memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait |
· Memahami Q.S. al-Hujur?t/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan. · Mengidentifikasi macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an. · Menyusun arti perkata Q.S. al-Hujur?t/49: 13 menjadi terjemah secara utuh. · Menghafalkan Q.S. al-Hujur?t/49: 13 · Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujurat/49: 13. · Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujurat/49: 13. |
|
|
|||
4.2.1. Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil
4.2.2. Menunjukkan hafalan q.s. al-hujurat/ 49: 13 serta hadis terkait dengan lancar
4.2.3. Menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan q.s. al-hujurat/ 49: 13 |
· Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil · Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. · Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Hujur?t/49: 13. |
|
|
|
||
1.3. Beriman kepada hari akhir |
· Beriman kepada hari akhir |
· Beriman kepada hari akhir. |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada hari akhir. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada hari akhir. · Membaca dalil naqli tentang hari akhir beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang kiamat sugro dan kubro. · Mengajukan pertanyaan mengenai gambaran kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual. · Mencari dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir. · Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku mawas diri manusia yang mencerminkan beriman kepada hari akhir. · Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tidak mawas diri yang mencerminkan tidak beriman kepada hari akhir · Menghubungkan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Merumuskan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhir. · Menyajikan paparan hubungan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Menyajikan paparan diagram alur kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat. · Menyajikan paparan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhirat. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan atau diagram. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtobe Tentang Hari Akhir · Google Book (Internet) |
2.3. Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir |
Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir |
|
|
|||
3.3. Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya |
· Memahami penjelasan mengenai iman kepada hari akhir. · Mengidentifikasi dalil naqli tentang hari akhir beserta artinya. · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku mawas diri manusia yang mencerminkan beriman kepada hari akhir. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tidak mawas diri yang mencerminkan tidak beriman kepada hari akhir · Menghubungkan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Merumuskan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhir. |
|
|
|||
4.3. Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir |
· Menyajikan paparan hubungan dalil naqli tentang hari akhir dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. · Menyajikan paparan diagram alur kejadian hari akhir dan kehidupan di akhirat. Menyajikan paparan hubungan antara sikap mawas diri saat di dunia dengan kehidupan seseorang di akhirat. |
|
|
|||
1.4. Beriman kepada qadha dan qadar |
· Beriman kepada qadha dan qadar |
· Beriman kepada Qadha dan Qadar
|
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Qadha dan Qadar. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar · Membaca dalil naqli tentang Qadha dan Qadar beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang takdir muallaq dan mubram. · Mengajukan pertanyaan mengenai manfaat beriman kepada Qadha dan Qadar dalam kehidupan shari-hari. · Mencari dalil naqli yang menjelaskan Qadha dan Qadar. · Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. · Mendiskusikan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada. · Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. · Mencari hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Google Book (Internet) |
2.4. Menunjukkan perilaku tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar |
Menunjukkan perilaku tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar |
|
|
|||
3.4. Memahami makna iman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-nya |
· Memahami penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada. · Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. Menghubungkan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. |
|
|
|||
4.4. Menyajikan dalil naqli tentang adanya qadha dan qadar |
· Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang. Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang. |
|
|
|||
1.5. Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama |
· Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama |
· Perilaku Jujur dan menepati janji |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. · Menyimak dan membaca penjelasan mengenai jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari. · Membaca Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari beserta artinya. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya jujur dan menepati janji, tentang kebenaran pepatah jujur membawa mujur, atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini. · Mendiskusikan manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan. · Menganilisis hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Membuat diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. · Menghubungkan dampak jujur dan menepati janji sebagaimana terdapat dalam Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait · Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji beserta artinya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya · Memaparkan dampak jujur dan menepati janji dengan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait. · Menyusun kesimpulan tentang manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube tentang perilaku Jujur · Google Book (Internet) |
2.5. Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|||
3.5. Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
· Memahami Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari beserta artinya. · Memahami pentingnya jujur dan menepati janji, tentang kebenaran pepatah jujur membawa mujur · Mengidentifikasi contoh-contoh nyata jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini. · Menjelaskan manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan. · Menganilisis hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Membuat diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya. · Menghubungkan dampak jujur dan menepati janji sebagaimana terdapat dalam Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait Menyusun kesimpulan tentang manfaat jujur dan menepati janji dalam kehidupan |
|
|
|||
4.5. Menyajikan penerapan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
· Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70dan Hadits terkait tentang jujur dan menepati janji beserta artinya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata pelaksanaan jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak positif yang ditimbulkannya. · Memaparkan diagram hubungan dari contoh-contoh nyata perilaku tidak jujur dan menepati janji dalam kehidupan orang-orang terdahulu maupun saat ini dengan dampak negatif yang ditimbulkannya Memaparkan dampak jujur dan menepati janji dengan Q.S. Ali Imr?n/3: 77, Q.S. al-Ahz?b/33: 70 dan Hadits terkait. |
|
|
|
||
1.6. Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama |
· Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama |
· Perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru. · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isr?/17: 23 dan Q.S. Luqm?n/ 31: 14 dan Hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki diagram atau laporan. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube Tentang Berbakti kepada Orang tua dan guru · Google Book (Internet) |
2.6. Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|||
3.6. Memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru |
· Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru. · Memahami pentingnya perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isr?/17: 23 dan Q.S. Luqm?n/ 31: 14 dan Hadits terkait. Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku berbaktidan taat kepada orangtua dan guru dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. |
|
|
|||
4.6. Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru |
· Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap menghormati orang tua dan guru dengan kemudahan yang di dapat dalam kehidupan. · Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru
|
|
|
|||
1.7. Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama |
· Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama |
· Tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal · Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu atau pertanyaan lain yang relevan. · Secara berkelompok mencari contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. · Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki diagram atau laporan. · Menyusun kesimpulan. |
· |
· |
· Al Qur’an dan terjemahnya Kemenag RI · Tafsir Ibnu Katsir · Buku Teks PAI kelas IX 2018 · Buku-buku Penunjang PAI kelas IX · CD/Video Pembelajaran Interaktif · Youtube tentang Tata Krama · Google Book (Internet) |
2.7. Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
|
|
|||
3.7. Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
· Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal · Memahami pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu. · Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait. · Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan. |
|
|
|||
4.7. Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu |
· Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan · Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu |
|
|
|