• header

Selamat Datang di Website SMPN 1 PINRANG | Terima Kasih Kunjungannya.

Login Member

Username:
Password :

Materi Uji Terbaru

Agenda

21 April 2019
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Ekstrakuler :

1. PMR.

   

PMR ; Palang Merah Remaja ( Madya)

Pembinaan PMR Pembinaan Palang Merah remaja Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut anggota PMR. Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

PMI mengeluarkan kebijakan pembinaan PMR: (1) Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan.  (2) Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan. (3) Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI. (4).  Remaja adalah kader relawan.  (5).  Remaja calon pemimpin PMI masa depan.

Tujuan pembinaan dan pengembangan PMI masa depan: (1)  Penguatan kualitas remaja dan pembentukan karakter. (2) Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya. (3). Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.  (4) Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya.  (5) Anggota PMR adalah calon relawan masa depan. Perekrutan anggota PMR berdasarkan target usia: (1) 10 - 12 tahun (PMR Mula), (2)  12 - 15 tahun (PMR Madya), (3) 15 - 17 tahun (PMR Wira).

Pelatihan PMI diarahkan pada peran PMR sebagai peer educator, peer leadership, peer support dan peer educator, dengan menekankan pada perilaku hidup sehat dan pengurangan risiko sesuai prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Agar proses belajar dan kegiatan menjadi aktivitas kehidupan nyata yang dihayati dengan penuh kegembiraan membantu anggota PMR menikmati kegiatan dan membangun imajinasi tentang apa dan bagaimana seharusnya menjadi anggota PMR.

 

- ABDUL RAHMAN, S.Pd, M.Si                     (Pembina)

 

2. PRAMUKA.

KEGIATAN kepramukaan di SMP Negeri 1 Pinrang sudah ada sejak Sekolah ini berdiri yaitu tahun 1961. Hal yang jamak dilakukan oleh Gudep di sekolah-sekolah adalah selalu ada pergantian Pembina, termasuk juga di SMP Negeri 1 Pinrang. Setelah mengalami beberapa kali pergantian Pembina kemudian pada tanggal 9 Agustus 1998 datanglah ibu SITTI RAMLAWATI,S.Pd, M.Pd  sebagai Pembina menggantikan Pembina sebelumnya. Kedatangan Kak Eko ini merupakan awal dari sejarah lahirnya calon Pramuka muda  muda SMPN 1 PINRANG atau biasa disebut SILHAUTE SCOUT.

 

SYAMSINARR,S.PD                     (Pembina)

 

3. UKS.

 

UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah suatu kegiatan yang sangat penting pula, karena kegiatan ini sangat menunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Apabila ada siswa-siswi SMP Negeri 35 Padang pada saat proses pembelajaran mengalami kurang sehat badan, maka tempat/ruang UKS ini sangat membantu sebagai tempat untuk beristirahat sementara dan mendapatkan perawatan serta obat-obatan ringan yang dapat meringankan penderitaan pasien sementara. Peran serta ekskul PMR/UKS ini juga sangat penting sekali untuk membantu siswa yang bermasalah tentang kesehatan dalam proses belajar mengajar, maka pihak sekolah meberikan pelatihan bagi siswa-siswi yang berminat untuk mengikuti Ekskul di bidang UKS/

Bahrun,S.Pd,M.Si                         ( Pembina)

4. BASKET BALL

5. VOLLY BALL

Bola Volli

-Lukman,S.Pd                (Pembina)

6. KIR

7. SELF

- Abdul Rahman,S.Pd,M.Si               (Pembina)

8.